Cagar Alam Sibolangit

LEGALITAS

No. SK Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 636/Kpts/Um/9/1980
Tanggal SK …? September 1980
Luas (Hektar) 95,15
Unit Pelaksana Teknis BKSDA Sumatera Utara
Catatan Sejarah Kawasan Pada tahun 1914 Tuan J.A Lorzing mendirikan Kebun Raya Sibolangit, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor. Kemudian pada tanggal 10 Maret 1938 Kawasan Kebun Raya Sibolangit tersebut ditetapkan statusnya menjadi cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Z.b No.37/PK. Barulah pada tahun 1980 menurut Surat Keputusan Menteri Pertanian No.636/Kpts/Um/9/1980 sebagian Kawasan Cagar Alam Sibolangit (seluas 24,85 Ha) dialih fungsikan menjadi Kawasan Taman Wisata Sibolangit. Dengan demikian Kawasan Cagar Alam Sibolangit hanya tinggal 95,15 Ha dan sampai sekarang belum ada perubahan.

ADMINISTRASI PEMERINTAHAN

Propinsi Sumatera Utara
Kabupaten Kabupaten Deli Serdang
Kecamatan Kecamatan Sibolangit
Desa Desa Sibolangit
Batas Utara
Batas Selatan
Batas Barat
Batas Timur

KEADAAN FISIK

Elevasi (mDpl)
475 – 525
Topologi&Geologi
Rata-rata jenis tanah berupa andosol dan asosiasi andosol dengan podsolik merah kuning yang tertutup oleh humus tebal yang memudahkan air meresap.
Iklim
termasuk tipe iklim – (Schmit&Ferguson)
Suhu

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Habitat

Gunung
Danau
Sungai

Flora

Endemik
Identifikasi Sementara Potensi vegetasi tidak jauh beda dengan yang ada di Kawasan Taman Wisata Sibolangit, yang didominasi oleh pohon-pohon besar seperti Angsan (Pterocarpus indicus), Nyamplung (Calophyllum inophillum), Meranti (Shorea sp), dll. Selain itu juga terdapat jenis tanaman palem dan pinang serta durian hutan.

Tanaman yang bukan asli daerah ini misalnya, Sono Kembang (Dlabergia Latifolia), Angsana (Pterococarpus Indicus) dan Kelenjar (Samanea saman).

Berdasarkan catatan Tn. Lorzing Jenis tanaman asli di CA Sibolangit antara tahun 1914-1924 meliputi, Meranti (Shorea sp), 30 spesies ficus, 20 jenis Kecing (Quercus sp), Kenanga, Kulit manis, Manggis dan Artocapus sp.

Tumbuhan semak yang ada diantaranya Philodendron sp yang merupakan anggota dari genus Anthurium famili Araceae.

Tumbuhan semak (Grandcover) lainnya adalah berbagai jenis paku-pakuan, talas hutan, rumput, serta berbagai jenis jamur. Selain itu tumbuhan lain yang dapat ditemui diantaranya berbagai jenis anggrek hutan, plama dan pinang.

Dalam kawasan ini juga ditemui adanya berbagai jenis tanaman obat-obatan dan tanaman hias yang potensial yang dibutuhkan penelusuran lebih lanjut.

Spesies Anggrek: di Cagar Alam Sibolangit ada 3 jenis, yaitu : Calanthe zollingeri (terrestrial), Calanthe tripticata (terrestrial) dan (epifit). Sedangkan anggrek tanah yang
dijumpai di Cagar Alam Sibolangit, paling banyak populasinya adalah Calanthe zollingeri, Calanthe triplicata yang ditemukan tumbuh di tepi jurang yang terjal, Eulophia zollingeri dijumpai 2 kali yaitu di pinggir jalan raya dan satu individu di jalan setapak dalam hutan. Anggrek Eulophia zollongeri ini tak akan nampak tanamannya bila sedang tak berbunga, karena tak memiliki daun dan termasuk anggrek saprofit. Dalam keadaan dorman (tak berbunga) tumbuhannya tersembunyi di tanah dalam bentuk umbi. Ada dua variasi warna bunga E. zollingeri yang dijumpai di Sibolangit yaitu coklat gelap dan kuning pucat keputihan. Warna coklat gelap dijumpai di hutan yang teduh dan agak gelap, sedangkan yang warna pucat ditemukan di pinggir jalan yang agak terang.

Masih dibutuhkan penelusuran lebih lanjut…?

Gambaran umum flora di Sumatera Utara
Pohon ===> click here
Non Pohon ===> click here
Mangrove ===> click here

Fauna

Endemik
Identifikasi Sementara sering dijumpai adalah jenis kera dan lutung. Disamping itu juga jenis-jenis lainnya seperti Babi Hutan, Kancil, Trenggiling, Kus-Kus, burung Rangkong, dan lain-lain.

Masih dibutuhkan penelusuran lebih lanjut…?

Gambaran umum fauna di Sumatera Utara
Amfibi ===> click here
Burung ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mammalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here

SUMBER:

Website
  1. pika.ksdae.menlhk.go.id; September 2017
  2. bbksdasumaterautara.com; September 2017
  3. akses-media.com; September 2017
  4. …?
Blog
  1. …?
PDF
  1. Statistik Dirjen KSDAE 2015; Dirjen KSDAE (Link:drive.google.com)
  2. PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 81 TAHUN 2014 TENTANG RENCANA TATA RUANG KAWASAN DANAU TOBA DAN SEKITARNYA (Link:drive.google.com)
  3. Rencana Strategis Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara tahun 2013-2018;  (Link:drive.google.com)
  4. JENIS DAN KOMPOSISI KOMUNITAS AMFIBI DI TAMAN WISATA ALAM/CAGAR ALAM SIBOLANGIT DAN DESA SEMBAHE KECAMATAN SIBOLANGIT KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA; AKHMAD JUNAEDI SIREGAR, DEPARTEMEN BIOLOGI, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS SUMATERA UTARA, MEDAN, 2010 (Link:drive.google.com)
  5. Jenis – Jenis Anggrek yang Terdapat di Sumatera Utara; Khairiah, Novia Chairuman dan Muhammad Fadly, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara, 2012(Link:drive.google.com)
  6. …?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *